Apa Itu Sertifikasi TI

1. Tentang Sertifikasi TI

Sertifikasi kompetensi TI merupakan program sertifikasi untuk mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) yang meliputi pembelajaran mandiri melalui modul yang telah disediakan dan ujian tentang kemampuan penggunaan aplikasi Microsoft Office seperti pengolah kata (Word), pengolah angka (Excel), dan pengolah presentasi (PowerPoint) yang sangat dibutuhkan oleh mahasiswa dalam perkuliahan dan di dunia kerja nantinya. Sertifikasi TI merupakan syarat kelulusan bagi mahasiswa sarjana (S1) dan diploma (D3 & D4) di UB sehingga mahasiswa UB diwajibkan untuk mengikutinya.

Karena pentingnya sertifikasi kompetensi TI dan banyaknya minat dari mahasiswa di luar UB maka telah dibuka pendaftaran tes kompetensi TI untuk umum dengan biaya yang disebutkan di bawah.

Sertifikasi TI ini dikelola oleh UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai unit pelaksana teknis di Universitas Brawijaya.

2. Biaya

Untuk mahasiswa UB, biaya sudah termasuk dalam UKT/SPP sehingga tidak perlu membayar lagi. Namun jika sudah dua kali tidak lulus tes atau sudah lulus namun tidak puas dengan skor yang diperoleh kemudian ingin tes lagi maka harus membayar Rp. 200,000. Sedangkan untuk mahasiswa selain UB/umum jika ingin tes maka membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 400,000.

Pembayaran bisa ditransfer ke Rekening Rektor UB pada Bank BNI dengan nomor 39649393, dengan menuliskan “Pembayaran Tes Sertifikasi TI” pada kolom berita/keterangan dan dibayar langsung lewat teller Bank BNI. Kemudian fotokopi slip pembayaran diserahkan ke Helpdesk TIK sebagai bukti pendaftaran.

3. Persyaratan

  • Khusus untuk mahasiswa UB, tes sertifikasi TI hanya untuk mahasiswa aktif yang menempuh program sarjana (S1) dan diploma (D3 & D4)
  • Untuk mahasiswa selain UB/umum, syaratnya sudah membayar biaya pendaftaran

4. Materi dan Pembelajaran

Materi tes sertifikasi TI yaitu seputar Microsoft Office yang meliputi Word, Excel, dan PowerPoint. Materi belajar mandiri yang bisa diunduh adalah Office 2013 dan Office 2016. Sedangkan untuk melihat video pembelajaran bisa dengan login ke sini, login menggunakan username/NIM dan password SIAM. Peserta diharapkan mempersiapkan diri dengan mempelajari materi tersebut sebagai bahan belajar mandiri.

5. Pendaftaran

  • Mahasiswa UB
    Pendaftaran pertama kali bagi setiap mahasiswa aktif Universitas Brawijaya yang ingin mengikuti program sertifikasi kompetensi TI harus melalui SIAM. Menu pendaftaran berada di bawah menu Aplikasi. Mahasiswa harus mengisikan alamat e-mail dan nomor HP aktif . Tahapan pendaftaran ditunjukkan dalam gambar berikut.
kompetensi-ti-siam-ub

Pendaftaran sertifikasi kompetensi TI lewat SIAM UB

  • Mahasiswa dari Luar UB/Umum
    Setelah membayar biaya pendaftaran, pendaftar langsung datang ke Helpdesk TIK UB untuk menyerahkan fotokopi slip pembayaran sebagai bukti pendaftaran dan memilih jadwal tes yang tersedia.

  • Reschedule dan Mengulang
    Bagi mahasiswa UB maupun umum yang: tidak bisa hadir tes sesuai jadwal karena alasan tertentu/terlambat, sudah daftar di SIAM (khusus mahasiswa UB) namun belum menerima jadwal lebih dari 1 bulan, tidak lulus tes yang pertama dan ingin daftar untuk tes yang kedua, maka harus daftar langsung ke Helpdesk TIK UB.

6. Jadwal dan Tempat Pelaksanaan Ujian

Jadwal tes sertifikasi kompentensi TI bagi pendaftar baru maupun reschedule akan keluar 2 s.d. 4 minggu setelah pendaftaran. Mengingat banyaknya peserta yang daftar dan antri, jika sudah lebih dari 4 minggu belum dapat jadwal silahkan reschedule.

Informasi jadwal tes sertifikasi kompetensi TI dapat dilihat di website ini dan diinformasikan kepada setiap peserta ujian melalui SIAM. Jadwal tes diumumkan di website ini setiap hari Jumat untuk tes minggu berikutnya. Jadwal tiap minggu dihitung 1 gelombang, pastikan Anda mengingat gelombangnya untuk pengambilan sertifikat.

Lokasi tes sertifikasi TI di Lab Komputer TIK, Gedung Rektorat Lama Lantai 4, Universitas Brawijaya. Pastikan datang 15 menit sebelum jadwal tes agar tidak terlambat.

Lab. Komputer UPT TIK UB, Gedung Rektorat Lama Lt. 4, masuk lewat pintu utara (sebelah BCA)

7. Identification & Token

Identification atau username yang digunakan adalah NIM. Sedangkan token akan diberikan langsung oleh petugas di lab. komputer untuk memulai ujian.

8. Tes, Skor, Aturan

  • Tes
    Sebelum masuk ke dalam lab. komputer, peserta harus:

    1. menunjukkan KTM/ KTP/ slip pembayaran
    2. tanda tangan di lembar presensi
    3. menaruh sepatu di rak
    4. menonaktifkan ponsel

    Kemudian peserta masuk ke dalam lab. komputer dan memilih komputer yang sudah menyala. Selanjutnya peserta segera memasukkan NIM pada kolom identification dan mengikuti instruksi dari petugas untuk memasukkan token.

    Tes berlangsung selama 90 menit dengan total 90 soal pilihan ganda. Soal terdiri dari 30 soal Word, 30 soal PowerPoint dan 30 soal Excel. Bank soal terdiri dari 3,000 lebih soal dan setiap peserta/komputer akan menerima soal yang berbeda satu sama lain.

    Video panduan penggunaan aplikasi sertifikasi TI bisa dilihat di sini.

  • Skor
    Skor tes sertifikasi kompetensi TI akan otomatis keluar di akhir tes. Skor harap difoto sebagai bukti telah mengikuti tes dan untuk pengambilan sertifikat atau surat keterangan. Khusus untuk mahasiswa UB, skor akan ditampilkan di SIAM. Jika sudah selesai tes jangan lupa logout. Lulus jika 50% jawaban benar (45 soal) dengan pembagian skor:

    • silver/good, skor 50 s.d. 69
    • gold/excellent, skor 70 s.d. 100

      Contoh sertifikat jenis silver/good

      Contoh sertifikat jenis gold/excellent

      Contoh sertifikat bagi yang skornya 10% tertinggi tiap gelombang

    Tidak lulus jika skor di bawah 50. Bagi yang tidak lulus pada tes pertama masih ada kesempatan untuk tes 1 kali lagi dengan daftar reschedule.

  • Aturan
    Selama tes peserta tidak boleh:

      • membawa makanan dan minuman ke dalam lab. komputer
      • membuka ponsel (ponsel harap dinonaktifkan)
      • membuka program Microsoft Office
      • browsing
      • berbicara, tanya jawaban ke peserta lain

    Jika peserta kedapatan curang maka petugas berhak menegur dan mengeluarkan peserta dari lab. komputer dan peserta dianggap tidak lulus.

9. Sertifikat, Surat Keterangan, Perbaikan Nama

  • Sertifikat
    Sertifikat akan diumumkan setelah 2-3 bulan dari jadwal tes di website ini berdasarkan gelombang ujiannya. Setelah ada pengumuman, maka sertifikat bisa diambil di Helpdesk TIK dengan menunjukkan KTM/KTP/slip bukti pembayaran/foto skor. Sertifikat ini tidak ada batas waktu berlakunya, jadi berlaku seterusnya. Skor tidak ditampilkan di sertifikat. Bagi peserta yang memperoleh skor 10% tertinggi (biasanya skor 80 ke atas) akan menerima sertifikat tambahan dari Microsoft.
  • Surat Keterangan dan Perbaikan Nama
    Bagi mahasiswa UB tingkat akhir baik yang lulus tes maupun tidak, bisa mengajukan surat keterangan telah mengikuti sertifikasi TI sebagai syarat pendaftaran yudisium atau wisuda jika sertifikatnya belum keluar. Sertifikat bisa diambil kemudian. Permohonan surat keterangan dan perbaikan nama bisa dilakukan di Helpdesk TIK UB.